Pengertian RAM

Memori akses acak atau Random Access Memory (RAM) adalah bentuk memori komputer yang dapat dibaca dan diubah dalam urutan apa pun, biasanya digunakan untuk menyimpan data kerja dan kode mesin. Perangkat memori akses acak memungkinkan item data untuk dibaca atau ditulis dalam jumlah waktu yang hampir sama terlepas dari lokasi fisik data di dalam memori, berbeda dengan media penyimpanan data akses langsung lainnya (seperti hard disk, CD- RW, DVD-RW dan kaset magnetik dan memori drum yang lebih tua), di mana waktu yang diperlukan untuk membaca dan menulis item data sangat bervariasi tergantung pada lokasi fisiknya pada media perekaman, karena keterbatasan mekanis seperti kecepatan rotasi media dan gerakan lengan.

RAM berisi sirkuit multiplexing dan demultiplexing, untuk menghubungkan jalur data ke penyimpanan yang dialamatkan untuk membaca atau menulis entri. Biasanya lebih dari satu bit penyimpanan diakses oleh alamat yang sama, dan perangkat RAM sering kali memiliki beberapa jalur data dan dikatakan sebagai perangkat “8-bit” atau “16-bit”, dll.

Dalam teknologi saat ini, memori akses acak berbentuk chip sirkuit terpadu (IC) dengan sel memori MOS (metal-oxide-semiconductor). RAM biasanya dikaitkan dengan jenis memori yang mudah menguap (seperti modul memori akses acak dinamis (DRAM), di mana informasi yang tersimpan akan hilang jika daya dimatikan, meskipun RAM non-volatil juga telah dikembangkan.

Jenis memori non-volatil lainnya ada yang memungkinkan akses acak untuk operasi baca, tetapi tidak mengizinkan operasi tulis atau memiliki jenis batasan lain pada mereka. Ini termasuk sebagian besar jenis ROM dan jenis memori flash yang disebut NOR-Flash.

See also  Alat Kesehatan ke Rumah

Dua jenis utama memori semikonduktor akses acak yang mudah menguap adalah memori akses acak statis (SRAM) dan memori akses acak dinamis (DRAM). Penggunaan komersial RAM semikonduktor dimulai pada tahun 1965, ketika IBM memperkenalkan chip SRAM SP95 untuk komputer System/360 Model 95 mereka, dan Toshiba menggunakan sel memori DRAM untuk kalkulator elektronik Toscal BC-1411, keduanya berdasarkan transistor bipolar.

Memori MOS komersial, berdasarkan transistor MOS, dikembangkan pada akhir 1960-an, dan sejak itu menjadi dasar untuk semua memori semikonduktor komersial. Chip IC DRAM komersial pertama, Intel 1103, diperkenalkan pada Oktober 1970. Synchronous dynamic random-access memory (SDRAM) kemudian memulai debutnya dengan chip Samsung KM48SL2000 pada tahun 1992.

Leave a Reply

Your email address will not be published.