Wolfgang Amadeus Mozart

(27 Januari 1756 – 5 Desember 1791), dibaptis sebagai Johannes Chrysostomus Wolfgangus Theophilus Mozart, adalah seorang komposer yang produktif dan berpengaruh pada periode Klasik.

Lahir di Salzburg, di Kekaisaran Romawi Suci, Mozart menunjukkan kemampuan luar biasa sejak masa kecilnya. Sudah kompeten pada keyboard dan biola, ia menggubah sejak usia lima tahun dan tampil di hadapan bangsawan Eropa, memulai tur besar. Pada usia 17, Mozart bertunangan sebagai musisi di istana Salzburg tetapi menjadi gelisah dan bepergian untuk mencari posisi yang lebih baik.

Saat mengunjungi Wina pada tahun 1781, ia diberhentikan dari posisinya di Salzburg. Dia memilih untuk tinggal di Wina, di mana dia mencapai ketenaran tetapi sedikit keamanan finansial. Selama tahun-tahun terakhirnya di Wina, ia menyusun banyak simfoni, konserto, dan operanya yang paling terkenal, dan bagian-bagian dari Requiem, yang sebagian besar belum selesai pada saat kematiannya yang awal pada usia 35 tahun. Keadaan kematiannya sebagian besar tidak pasti, dan dengan demikian telah banyak dimitologikan.

Meskipun kematiannya lebih awal, kecepatan komposisinya yang cepat menghasilkan lebih dari 600 karya dari hampir setiap genre pada masanya. Banyak dari komposisi ini diakui sebagai puncak dari repertoar simfoni, concertante, chamber, operatic, dan choral. Ia dianggap sebagai salah satu komposer klasik terbesar sepanjang masa, dan pengaruhnya pada musik Barat sangat besar, terutama pada Ludwig van Beethoven. Koleganya yang lebih tua Joseph Haydn menulis: “anak cucu tidak akan melihat bakat seperti itu lagi dalam 100 tahun.

Wolfgang Amadeus Mozart lahir pada 27 Januari 1756 dari pasangan Leopold Mozart (1719-1787) dan Anna Maria, née Pertl (1720-1778), di Getreidegasse 9 di Salzburg. Salzburg adalah ibu kota Keuskupan Agung Salzburg, sebuah kerajaan gerejawi di Kekaisaran Romawi Suci (sekarang di Austria).

  • Begini Tutorial Cara Memegang Biola dan bow.
See also  Perkembangan Bus

Dia adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara, lima di antaranya meninggal saat masih bayi. Kakak perempuannya adalah Maria Anna Mozart (1751–1829), dijuluki “Nannerl”. Mozart dibaptis sehari setelah kelahirannya, di Katedral St. Rupert di Salzburg. Catatan pembaptisan memberikan namanya dalam bentuk Latin, sebagai Joannes Chrysostomus Wolfgangus Theophilus Mozart. Dia umumnya menyebut dirinya “Wolfgang Amadè Mozart” sebagai orang dewasa, tetapi namanya memiliki banyak varian.

Leopold Mozart, penduduk asli Augsburg, yang saat itu merupakan Kota Bebas Kekaisaran di Kekaisaran Romawi Suci, adalah seorang komposer kecil dan seorang guru berpengalaman. Pada tahun 1743, ia diangkat sebagai pemain biola keempat dalam pembentukan musik Count Leopold Anton von Firmian, Pangeran-Uskup Agung Salzburg yang berkuasa. Empat tahun kemudian, dia menikahi Anna Maria di Salzburg. Leopold menjadi wakil orkestra Kapellmeister pada tahun 1763. Selama tahun kelahiran putranya, Leopold menerbitkan buku teks biola, Versuch einer gründlichen Violinschule, yang mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *