Perkembangan Bus masa kini

Bus, salah satu kelas kendaraan beroda besar, bergerak sendiri, yang dirancang untuk mengangkut penumpang, umumnya pada rute tetap. Mereka dikembangkan pada awal abad ke-20 untuk bersaing dengan trem dengan memberikan fleksibilitas rute yang lebih besar.

Bus adalah hasil alami dari delman yang dikemudikan kuda. Saat ini bus didefinisikan sebagai kendaraan yang menampung lebih dari 10 penumpang.

Sejarah BUS

Pada tahun 1830, Sir Goldworthy Gurney dari Inggris merancang kereta pos besar yang digerakkan oleh mesin uap yang mungkin merupakan bis pertama yang digerakkan oleh motor. Pada tahun 1895 sebuah omnibus delapan penumpang, digerakkan oleh mesin satu silinder empat tenaga kuda, dibangun di Jerman. Bus awal di Amerika Serikat dioperasikan oleh perusahaan wisata di New York City. Salah satu jenis kendaraan terbuka ini dibangun oleh Mack Trucks, Inc., pada tahun 1900 memiliki kapasitas tempat duduk nominal 20 dengan mesin bensin empat silinder yang menghasilkan 40 tenaga kuda pada kecepatan jalan hingga 32 km (20 mil) per jam.

Sampai tahun 1920-an, sejarah teknis bus adalah truk bermotor, karena bus awal terdiri dari badan bis yang dipasang pada sasis truk. Mayoritas bus sekolah masa kini dibuat dengan cara ini. Pada tahun 1921 kendaraan pertama dengan sasis yang dirancang khusus untuk layanan bis dibuat di Amerika Serikat oleh Fageol Safety Coach Company of Oakland, California. Rangka yang diperlebar dan diperpanjang lebih rendah 30 cm (12 inci) dari rangka truk. Pada tahun 1926 Fageol mengembangkan bis kerangka integral pertama, dengan mesin kembar yang dipasang di tengah kapal di bawah lantai. Kerangka integral memanfaatkan atap, lantai, dan sisi bis sebagai anggota struktural.

See also  Seventeen Going Under review

Pabrikan bus awal lainnya adalah Mack dan Yellow Truck & Coach di Amerika Serikat, keduanya membuat model bensin-listrik. Di bis ini mesin bensin menggerakkan generator arus searah, dan output generator menyediakan tenaga listrik untuk motor penggerak di roda belakang. Pada tahun 1928 layanan bus lintas benua dimulai di Amerika Serikat. Pada tahun 1931, mesin belakang pertama dalam bis kerangka integral diperkenalkan. Mesin diesel dua langkah pertama kali digunakan di bus pada tahun 1938 dan masih ditemukan di sebagian besar model kota dan antar kota.

Suspensi udara diperkenalkan pada tahun 1953 dan terus digunakan pada model bus kerangka integral. Mereka terdiri dari beberapa bellow karet berat, atau pegas udara, dipasang di setiap poros. Mata air udara disuplai dengan udara dari reservoir di mana tekanan dipertahankan sekitar 690 kilopascal (100 pon per inci persegi).

Keuntungan yang diperoleh dari jenis suspensi ini adalah, ketika beban bertambah atau berkurang, ketinggian dan ketinggian kendaraan tetap konstan. Hal ini dicapai dengan katup yang meningkatkan tekanan di pegas udara. Tekanan satuan yang meningkat dikalikan dengan area yang hampir konstan memberikan kapasitas beban yang lebih besar. Sekedar Informasi untuk sekarang ini apabila ingin menyewa bis sudah sangat mudah, perusahaan, sekolah atau organisasi sudah bisa menyewa bis di sini : sewa bus jakarta

Berbeda dengan pegas daun tetapi seperti pegas koil, pegas udara hanya mampu menahan gaya vertikal. Akibatnya, gaya pengereman dan menikung harus diserap oleh batang radius. Ini adalah set tautan atau lengan dengan satu ujung menempel pada rumah gandar dan ujung lainnya disambung untuk menempel pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *